Home » , , , , » Komunitas Wonogiri Gotong Royong Bedah Rumah mbah Karinem

Komunitas Wonogiri Gotong Royong Bedah Rumah mbah Karinem

Written By Amien on Rabu, 29 Maret 2017 | 08.14



Gotong Royong Komunitas Wonogiri dalam membangkitkan kepedulian masyarakat nampaknya mulai menunjukkan keberhasilanya. Melalui program bedah rumah warga kurang mampu, masyarakat, komunitas, dan organisasi bersatu saling bahu membahu mewujudkan kebersamaan dalam kepedulianya.







Sabtu (25/3/2017) Gotong Royong Komunitas Wonogiri bersama masyarakat mengadakan bedah rumah milik mbah Karinem  di Dusun Mbayeman Rt 02/03, Desa Giriharjo Kecamatan Puh Pelem Kabupaten Wonogiri. Kondisi rumah mbah Karinem sangat memprihatinkan, selain banyak kayu yang lapuk, banyak genting yang berjatuhan, sehingga ketika hujan kondisi rumah basah, karena atap geting bocor. Jangankan untuk memperbaiki rumah untuk mencukupi kehidupan sehari-hari saja jauh dari cukup. mbah Karinem  hidup bersama tiga orang anaknya yang mengalami gangguan jiwa, sedangkan yang satu sudah berkeluarga dengan rumah berpisah sementara suaminya sudah meniggal beberpa tahun yang lalu.  Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari diusianya yang sudah tua mbah Karinem bercocok tanam dikebun pekarangannya dengan seadanya.



Dalam kegiatan bedah rumah yang diprakarsai  oleh Laskar Pelangi Wonogiri, Komunitas Keris, PSHT Ranting Puh Pelem, Hasanah Box Jakarta,  CBCW Sektor Puh Pelem, Kabar Wonogiri, Polsek Puh Pelem, dan masyarakat lingkungan sekitar.  Dalam acara itu juga dilakukan penyerahan bantuan dua ekor kambing dan  pemberian modal kerja dan bahan untuk anak mbah Karinem yang mengalami ganguan jiwa dengan bantuan bahan anyaman tikar mendong. Selain itu dalam aksi ini, komunitas Keluarga Wonogiri Sukses juga memberikan bantuan berupa santunan anak yatim dari hasil lelang lukisan yang diserahkan langsung oleh Nur cahyo selaku perwakilan dari Keris, pembagian sembako untuk duafa, bantuan untuk pembangunan mushola serta pemberian Al-Qur'an, buku iqro’ dan juz'ama untuk mushola.



Gotong Royong sesarengan mbangun Wonogiri itulah tema yang diangkat dalam kegiatan ini, anggota Komunitas Wonogiri Suskses bersama  organisasi dan perguruan silat SH Terate bersama masyarakat, melakukan pemugaran kerangka rumah dan atap secara total, yang semula rumah yang sangat tidak layak huni,  sekarang sudah hampir 80% jadi, termasuk sudah dibuatkan kamar mandi dan WC, tutur Agus Tepe yang merupakan Korlap dari Komunitas Keluarga Wonogiri sukses.



“Seluruh kegiatan ini swadaya, baik dari masyarakat, komunitas dan swasta. Saya mewakili Komunitas Wonogiri Suskses dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah membantu. Semoga gerakan ini mendapat dukungan banyak pihak agar terus dapat kita lakukan dan dikembangkan,” harapnya.


Bahan bangunan, angkutan, tenaga kerja, kambing dan bahan makanan seluruhnya berasal dari swadaya. “Kita perkirakan sampai 6 atau 7 hari dimulai hari ini (Sabtu, 25/3/2017) semoga bisa sukses. Ini wujud pengalaman ajaran organisasi dan bagian untuk memberikan penguatan atau pendidikan kepada masyarakat agar kita saling peduli kepada sesama,” tegas Agus Tepe.






Sementara menurut Sujono, M.Pd, keikutsertaan Keluarga besar PSHT dalam program bedah rumah bagi RTLH dikawasan Puh Pelem ini merupakan pengejawantahan pendidikan karakter yang diajarkan kepada setiap anggota PSHT bahwasanya hidup itu belajarlah pada kehudipan pisang yang maknanya "janganlah sekali kali mati sebelum hidupmu bermanfaat bagi orang lain atau sesama" pungkas Sujono, M.Pd Selaku Ketua Cabang PSHT Kab. Ponorogo. pisang tidak akan mati sebelum dia berbuah yang buahnya bermanfaat bagi lingkungannya. Inilah ajaran PSHT yg ditekankan pada kehidupan bermasyarakat, sehingga setiap insan PSHT akan bersikap sepi ing pamrih rame ing gawe demi tatanan sosial yang selalu saling membantu. Karena pada hakekatnya manusia itu hidup dalam ketergantungan degan orang lain yang saling membutuhkan. Selain itu Sujono juga berharap semoga masyarakat baik anggota PSHT dan Masyarakat bisa saling rangkul bahu membahu dan manjing ajur ajer bermasyarakat demi tatanan sosial sehinga akan terwujud tatanan masyarakat yang baldatun thoyyibatun warobbun ghofur.



Akhirnya terimakasih banyak kepada  Warga Masyarakat, Paguyuban Keris,  Laskar Pelangi, Hasanah Box, Kabar Wonogiri, CBCW Korwil Puh Pelem, SH Teratai dan semuanya yang telah mendukung dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,  Semoga Alloh memberikan balasan dengan kebaikan dan pahala yang melimpah, dimudahkan urusannya dan di lancarkan rizqinya. Aamiin!.

Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Uluran tangan anda sangat membantu mereka yang membutuhkan! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger