Home » , , , » Kreatif, Alat Potong Multiguna Asli Bikinan Warga Wonogiri, Omzet Puluhan Juta Ciptakan Lapangan Kerja

Kreatif, Alat Potong Multiguna Asli Bikinan Warga Wonogiri, Omzet Puluhan Juta Ciptakan Lapangan Kerja

Written By Amien on Senin, 26 Februari 2018 | 23.35


Awalnya mulanya alat sederhana ini dibuat hanya untuk membantu para perantau Wonogiri yang berjualan bakso untuk merajang bawang, namun seiring dengan waktu alat ini juga digunakan untuk memotong lombok dan kentang, dari situlah Sumidi warga dusun Nglerak, desa Slogretno, Kec. Jatipurno mengembangkan alat ini menjadi  multicut degan multi fungsi  yang bisa digunakan untuk membuat aneka keripik dengan berbagai bentuk dan jenis ukuran yang berbeda, selain itu juga tersedia serut es batu, dan pemotong krupuk.

“Dulu saya bekerja membuat mebeler, ada teman yang merantau mengeluh untuk memotong bawang pisaunya mudah tumpul dan tak bisa diganti, dari keluhan itulah saya membuat multicut ini, selain bahan baku yang terbuat dari kayu jati, mata pisaunya mudah diganti karena menggunakan mata pisau kalter yang mudah dijumpai di toko” kata Sumidi.  Sementara untuk harga jual di pasaran online sekitar 70 ribu, terganutng besar kecilnya ukuran. Dengan lima tenaga kerja multikarya mampu memproduksi 40 unit perhari, dan terjual sekitar 600 sampai 800 produk ke berbagai kota di Indonesia dengan omset 28 sampai 30 juta perbulan.

Lebih lanjut dia menyampaikan, bahwa dengan adanya produk multikarya ini bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi para pemuda di desa Slogoretno, memberdayakan pemuda yang tadinya sibuk rono rene yang biasanya cuma nongkrong mainan HP tidak menghasilkan bahkan ada yang mabuk-mabukan, sekarang mereka kita rekrut sebagai tim marketing, memasarkan produk multikarya melalui internet marketing. Ada lima belas yang tergabung dalam tim Marketing multikarya salah satunya Feri mengtakan  “sebelumya saya nganggur mas, nglamar sana-sini belum dapat panggilan, akhirnya saya mencoba memasarkan produk ini melalui fb, kok banyak respon akhirnya saya konsen  mengelola ini dan alhamdulillah satu bulan bisa menjual antara 300 sampai 500 produk dengan keuntungan sekitar 7 juta”. 

Multicut merupakan produk dari UKM Multikarya yang beralamat di Nglerak, Desa Slogoretno, Kec. Jatipurno, dengan SIUP Nomor 510.41/01/2017 dan nomor TDP 503/02/2017. Memiliki visi turunkan angka kemiskinan cegah KDRT dengan iman dan ekonomi yang mapan. 

Berbagai prestasi telah diraih oleh multikarya salah satunya Juara 1  di ajang Lomba Tekhnologi Tepat Guna yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) kabupaten Wonogiri tahun 2017.  Koordinator Posyantek Maju Karya Kec. Jatipurno, Yusuf Suparmanto, mengatakan pihaknya bangga dan bersyukur Pemotong serbaguna manual karya Bapak Sumidi (Multikarya) Desa Slogoretno Kec. Jatipurno berhasil meraih Juara I tingkat kabupaten, semoga capaian ini bisa memberikan semangat bagi peran Posyantek untuk selalu memacu inovasi baru dan memberikan manfaat untuk kemajuan masyarakat. Posyantek adalah Pos Pelayanan Teknologi yang tersebar di setiap kecamatan di Indonesia. Hal utama dari Posyantek adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di wilayah kecamatan melalui pemanfaatan teknologi tepat guna (TTG).


Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Uluran tangan anda sangat membantu mereka yang membutuhkan! - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger